Badan regulasi telekomunikasi India melarang diskriminasi tarif internet.

Telecom Regulatory Authority of India (TRAI), atau badan regulasi telekomunikasi India, akhirnya memutuskan untuk melarang perusahaan manapun untuk membedakan tarif internet ketika mengakses tipe konten yang berbeda.

Artinya, penyedia layanan tidak lagi boleh memberikan preferensi istimewa terhadap konten tertentu saja. Contoh kasus nyatanya adalah inisiasi dari Facebook yang bernama internet.org / Free Basics kini menjadi ilegal di India berdasarkan peraturan baru ini.

Tujuan dari internet.org / Free Basics adalah untuk memberikan layanan internet gratis bagi orang-orang  miskin di India, namun akses internet gratis ini dibatasi hanya untuk website/layanan tertentu saja yang bekerja-sama dengan Facebook. Hal ini tentunya bertentangan dengan semangat internet netral / net neutrality.

Karena itu masyarakat India memulai sebuah gerakan sosial untuk menegakkan netralitas internet.

Berkat perjuangan mereka, akhirnya pemerintahan India memutuskan untuk turut mendukung internet netral / net neutrality di India.

Baca berita selengkapnya di sini: Hindustan Times ( atau klik di sini untuk versi terjemahan bahasa Indonesia oleh Google Translate)

Leave a Reply

Your email address will not be published.