Yang dikhawatirkan mulai terjadi: XL blokir MatahariMall

Menurut laporan dari Viva News, beberapa pengguna jaringan XL mulai menyuarakan kekecewaan mereka karena tidak lagi bisa mengakses website e-commerce MatahariMall.com.  Ada pihak yang berspekulasi apakah mungkin pemblokiran terjadi karena XL memiliki e-commerce sendiri? 

Ketika Pak Rudiantara sebagai Menkominfo ditanyakan mengenai hal ini, beliau terkesan cuci tangan dari permasalahan yang ada:

Terakit[sic] dengan persaingan itu, Rudiantara mengaku belum tahu detailnya. Tapi, kata dia, jika persaingan terjadi pada level aplikasi, maka kementeriannya tak bisa ikut campur, sebab hal itu sudah masuk ranah business to business (B2B).

Dia mengatakan sementara perjanjian antara penyelanggara jaringan dan penyelenggara jasa menurutnya tak perlu diketahui oleh regulator.

Terkait perjanjian dalam bisnis layanan telekomunikasi, dia berharap agar berjalan secara sama antarpemain. “Yang pasti saya berharap terjadi level playing field di mana-mana,” ujar dia.

Pernyataan-penyataan yang sangat bertolak belakang, di mana pemerintah menginginkan “level playing field” namun di saat yang bersamaan tidak mendukung net neutrality / internet netral. Beliau juga menganggap pemerintah Indonesia tidak punya hak untuk meregulasi hal ini, tidak sesuai dengan kenyataan yang sudah terjadi di Amerika Serikat dan India di mana pemerintahnya bisa menegakkan Net Neutrailty / Internet Netral.

Sekarang ini situs MatahariMall.com sudah bisa kembali diakses oleh pengguna XL, namun sikap pemerintah dalam menanggapinya cukup mengkhawatirkan.

Sumber kutipan: Viva.

Leave a Reply

Your email address will not be published.